Posted by : yudi Jumat, 08 Juni 2012



Oleh: YudhiAlhamdiAmras (109011000210)
A.    RIWAYAT HIDUP
Prof. Dr. H. Mahmud YunusDilahirkan di batusangkarpadatanggal 10 Februari 1899 danwafatpadatanggal 16 Januari 1982.Sejakkecil, Mahmud Yunussudahmemperlihatkanminatdankecenderungannnyayang kuatuntukmemperdalamilmu Agama Islam.Ketikaberumur 7 tahun, iabelajarmembaca al-Qur’an di bawahbimbingankakeknya MuhammadThahir yang dikenaldengannamaEngkuGadang. setelahmenamatkan al-Qur’an, iamenggantikankakeknyasebagai guru ngaji al-Qur’an. Duatahunkemudian, iamelanjutkanstudikesekolahdesadankemudianmelanjutkanstudike Madras School. Selanjutnyapadatahun 1917, iabersamateman-temannyamengajar di Madras School denganmemperbaruisistembelajarmengajardenganmenambahsistemhalaqah di sampingsistem madrasah denganmenggunakankitab-kitabmutakhir.[1]
Denganbekalkemampuanbahasa Arab yang sangatbaik, padatahun 1924 Mahmud YunusmelanjutkanstudinyakeUniversitas al-Azhar di Kairo, Mesir.Disanaiamemperdalamilmu-ilmu agama danbahasa Arab. Setelah lulus dariUniversitas al-Azhar, iamelanjutkanstudinyakeDarulUlumdanmendapatkangelar diploma denganspesialisasidalambidangpendidikan.[2]
Selainmenjadi guru, iajugaaktifdalamkegiatan-kegiatanlainnya. Mahmud YunussangataktifdanmenjadipenggerakutamadalamorganisasiPGAI (Persatuan Guru-Guru Agama Islam).Iajugamemprakarsaiberdirinyaperkumpulanparapelajar Islam Btusangkardengannama Sumatera Thawalibdanberhasilmenerbitkanmajalah Islam dengannamaal-Basyir .
Padatahun 1931, iamendirikanlembagapendidikan Islam modern dengannama Normal islam School. Mahmud Yunusjugamendirikan STI (SEkolahtinggi Islam) di bawahnaunganorganisasi PGAI.Padatanggal 1 Januari 1951, iadipercayamenjadikepalapenghubungpendidikan Islam padaDepartemen Agama. Mahmud Yunusturutmemprakasaiberdirinya ADIA (akademiDinasIlmu Agama-sekarang UIN Syarifhidayatullah) di Jakarta padatahun 1959 daniamenjadidekanpertamanya.
Selainitu, Mahmud Yunusjugaaktifdanproduktifdalammenulis.Tidakkurangdari 49 karyatulisdihasilkannyadalambahasa Indonesia dan 26 karyatulisdalambahasa Arab.
B.     USAHA-USAHA DAN PEMIKIRANNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Mahmud Yunusialahtokoh yang memilikiperhatiandankomitmen yang besardalammengembangkandanmeningkatkanpendidikan Islam.Gagasandanpemikirannyadalampendidikanbersifatstrategisdanmerupakankaryaperintis, dalamartibelumpernahdipikirkandandilakukanolehtokoh-tokohsebelumnya.Pemikirannyadapatdilihatdalambeberapaaspek, diantaranyadaritujuanpendidikan, metodepengajaran, kurikulum, sertakelembagaan.
Pertama, dariaspektujuanpendidikanislam. Berkaitandengantujuanpokokpendidikan Islam, Mahmud Yunusmerumuskanduahal, yaituuntukkecerdasanperseorangandankecerdasanmengerjakanpekerjaan. Ada yang berpendapatbahwatujuanpendidikan Islam ialahmempelajarisertamengetahuiilmu-ilmu agama Islam danmengamalkannya, sepertiilmutafsir, hadis, fikih, dan lain sebagainya. Tujuaninilah yang dipakaioleh madrasah-madrasah di seluruhdunia.Bahkanadaulama yang mengharamkanmempelajariilmupengetahuanumumsepertiFisikadan Kimia.Tujuansepertiinilahmenurut Mahmud Yunusyang membuat Islam lemahdantidakbisamempertahanankemerdekaannya.
Tujuanpendidikanislammenurut Mahmud Yunusialahmenyiapkananak-anakdidik agar dewasakelakmerekasanggupdancakapmelakukanpekerjaandanamalanakhirat ,sehinggaterciptakebahagiaanduniadanakhirat. [3]
Kedua, dariaspekkurikulum. Mahmud Yunusmemilikigagasan yang tergolongbaru , yang padamasa yang akandatangcukuprelevanuntukdipelajaripadamasa yang akandatang. Berkaitandengankurikulumbahasa Arab, Mahmud Yunusmenawarkanpengajarankurikulumbahasa Arab yang terintegrasiantarasatucabangdengancabanglainnyadalamilmubahasaArab.seoranganakdidikdiberikancabang-cabangilmubahasa Arab  yang dipadukannyadenganmenerapkannyadalamkehidupansehari-hari.Metodeinikemudiandipakaidandilaksanakan di pesantren Darussalam Gontor.Tidakhanyaitu, Mahmud Yunusberusahamenggabungkanmatapelajaran Agama, umumdankebahasaanpadalembagapendidikanyang dipimpinnya.[4]
Ketiga, dalambidangkelembagaan, Mahmud YunusMengubahsistempendidikandari yang bercorak individual kepadasistemklasikal.Kebanyakanpesantren-pesantrenatausuraupadamasaitumemakaimetodesoroganatauhalaqahdalampendidikannya.
Ketika Mahmud YunusmemperkenalkanKulliyah al-Mu’allimin al-Islamiyahpadatahun 1931, dimanapelaksanaanpengajaran di kelas-kelasdenganjadwaldankurikulum yang sudahditetapkan.Jenjangkelaspundiaturdaridarikelas I sampaikelas IV setingkatAliyah.
Keempat, dalamaspekmetodepengajaran. Mahmud Yunusmempersiapkanbukupeganganbagi guru-guru  agamadenganjudul “MetodikKhususPendidikan Agama” yang berisibagaimanacaramengajar agama yang baikdaritingkat SD sampaiperguruantinggi. Di dalambukutersebut, Mahmud Yunusmemncobamerangkumbeberapakaidahmengajar, antara lain dengankeharusanseorang guru agar menghubungkanpelajaran yang barudenganpelajaran yang sebelumnya. Selainitu, dalambukutersebut, Mahmud Yunusjugamemberikancara-caramembangkitkanminatdanperhatianpesertadidikdengancaramengaktifkanpancainderamereka ,baiklisan, tulisan, perbuatan, maupunalatperaga.[5]
Pemikiran Mahmud YunusDalambidangpendidikantampakjelaskaitannyadenganupayamenciptakansumberdayamanusia yang terbinaseluruhpotensidirinya, sehinggaiadapatmelaksanakantugas-tugasnyasebagaikhalifah di mukabumidalamarti yang seluas-luasnya, yaitudapatmengambilperandalampembangunanummat. Dar sekianpemikirannya, tampakgagasandanpemikiran Mahmud Yunusmasihcukuprelevanuntukdiaplikasikan di masasekarang.


[1]Prof. Dr. H. AbbudinNata, Tokoh-TokohPembaharuanPendidikan Islam di Indonesia (Jakarta,(Rajawali Press, 2005) h.  57 cet. 1
[2]Herry Mohammad, Tokoh-Tokoh Islam yang berpengaruh diAbad 20 (Jakarta: GemaInsani Press, 2006) h. 86
[3]Mahmud Yunus, Pokok-PokokPendidikandanPengajaran(Jakarta:hidakarya,1990) h. 11-19 cet. III
[4]Mahmud Yunus, SejarahPendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: al-Hidayah,1971)
[5]Prof. Dr. H. ArmaiArief, MA, PembaharuanPendidikan Islam di Minangkabau (Jakarta: Suara ADI, 2009) h. 150 cet. I

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Labels

- Copyright © JhodyMrazBraine -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -